Perbedaan Inspeksi dan Supervisi











Apa itu Supervisi ??
Supervisi pendidikan adalah pembinaan yang berupa bimbingan atau tuntunan ke arah perbaikan situasi pendidikan pada umumnya dan peningkatan mutu mengajar dan belajar. Orang yang melakukan supervise disebut dengan supervisor.
Apa itu inspeksi ??
Inspeksi : inspectie (belanda) yang artinya memeriksa  dalam arti melihat untuk mencari kesalahan. Orang yang menginsipeksi disebut inspektur. Inspektur dalam hal ini mengadakan :
1.    Controlling      : memeriksa apakah semuanya dijalankan sebagaimana mestinya
2.    Correcting       : memeriksa apakah semuanya sesuai dengan apa yang telah    ditetapkan/digariskan
3.    Judging            : mengandili dalam arti memberikan penilaian atau keputusan sepihak
4.    Directing         : pengarahan, menentukan ketetapan/garis
5.    Demonstration : memperlihatkan bagaimana mengajar yang baik
Kegiatan supervisi dahulu banyak dilakukan adalah Inspeksi, pemeriksaan, pengawasan atau penilikan. Supervisi masih serumpun dengan inspeksi, pemeriksaan dan pengawasan, dan penilikan, dalam arti kegiatan yang dilakukan oleh atasan –orang yang berposisi diatas, pimpinan-- terhadap hal-hal yang ada dibawahnya.
Sidak                : inspeksi mendadak tanpa pemberitahuan dilakukan oleh penilik
perbedaan inspeksi dan supervisi :
Inspeksi
Supervisi
Memeriksa: untuk memeriksa apakah segala sesuatu telah dilaksanakan menurut ketentuan yang telah digariskan
Meneliti : mengumpulkan data secara obyektif tanpa dilatar belakangi oleh ukuran dan ketentuan mengeai apa yang akan benar dan apa yang akan salah  
Memvonis : mengadakan keputusan hasil penlaian sepihak, yang ditentukan sebelumnya oleh inspector
Menilai : berdasarkan data ynag dikumpulkan, ,menentukan, menentukan bersama secara kooperatif apa yang baik dan apa yang kurang
Meembetulkan apa yang tidak sesuai dengan semestinya dibetulkan/dikoreksi menrut ketentuan ketentuan yang seharusnya .
Meningkatkan : bersama-sama berusaha menentukan cara-cara untuk mengadakan perbaikan dan peningkatan
Mengarahkan : menjelaskan peraturan-peraturan yang perlu diperhatikan sebagai pedoman kerja dan memberikan instruksi –instrusi yang perlu untuk menjamin pelaksanaan peraturan-peraturan itu.
Membantu : dengan berbagai saran, nasihat dan informasi, guru diberi dorongan dan bantuan dalam usahanya meningkatkan diri.



Supervise Pendidikan pada Madrasah dilaksanakan dengan Tujuan

1.      Terselenggarakannya proses pembelajaran yang baik
2.      Tercukupinya sarana dan prasarana pendidikan
3.      Terbinanya para guru madrasah dan karyawan
4.      Terealisasikannya kuriklum sekolah
5.      Termodivikasinya metode dan pendekatan dalam pembelajaran
6.      Terlatihnya para guru dalam melakukan problem solving
7.      Terbiayainya kegiatan pembelajaran
8.      Terwujudnya guru yang memiliki kecakapan dan moralitas yang tinggi
9.      Terbangunnya kerjasama antara guru,murid, orang tua murid dan semua karyawan madrasah
10.  Terjadinya pengembangan lembaga pendidikan agama yang lebih baik dan kompetitif dalam kehiduupan bermasyarakat dan kompotetitif dalam kehidupan bermasyarakat
11.  Terakreditasinya madrasah sebagai sekolah unggulan
12.  Terciptanya madrasah yang sejajar dengan sekolah umum bahkan meimiliki keunggulan yang lebih kualitatif



Komentar

Postingan Populer